KEUTAMAAN PUASA ASYURA DAN SEJARAHNYA
‘Asyura
adalah hari kesepuluh pada bulan Muharrom. Dia adalah hari yang mulia.
Menyimpan sejarah yang mendalam, tak bisa dilupakan.
Ibnu
Abbas berkata: “Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi
sedang berpuasa A’syuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari
ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil
dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah.
Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa
daripada kalian”. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk
berpuasa.
Nabi
dalam berpuasa ‘Asyura mengalami empat fase;
Fase
pertama:
Beliau berpuasa di Mekkah dan tidak memerintahkan manusia untuk berpuasa.
Aisyah
menuturkan: “Dahulu orang Quraisy berpuasa A’syuro pada masa jahiliyyah. Dan
Nabi-pun berpuasa ‘Asyura pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau hijrah ke
Madinah, beliau tetap puasa ‘Asyura dan memerintahkan manusia juga untuk
berpuasa. Ketika puasa Ramadhon telah diwajibkan, beliau berkata: “Bagi yang
hendak puasa silakan, bagi yang tidak puasa, juga tidak mengapa”.
Fase
kedua:
Tatkala beliau datang di Madinah dan mengetahui bahwa orang Yahudi puasa
‘Asyura, beliau juga berpuasa dan memerintahkan manusia agar puasa. Sebagaimana
keterangan Ibnu Abbas di muka. Bahkan Rasulullah menguatkan perintahnya dan
sangat menganjurkan sekali, sampai-sampai para sahabat melatih
anak-anak mereka untuk puasa ‘Asyura.
Fase
ketiga:
Setelah diturunkannya kewajiban puasa Ramadhon, beliau tidak lagi memerintahkan
para sahabatnya untuk berpuasa A’syuro, dan juga tidak melarang, dan membiarkan
perkaranya menjadi sunnah[5] sebagaimana
hadits Aisyah yang telah lalu.
Fase
keempat:
Pada akhir hayatnya, Nabi bertekad untuk tidak hanya puasa pada hari A’syuro
saja, namun juga menyertakan hari tanggal 9 ‘Asyuro agar berbeda dengan
puasanya orang Yahudi.
Ibnu
Abbas berkata: “Ketika Nabi puasa A’syuro dan beliau juga memerintahkan para sahabatnya
untuk berpuasa. Para sahabat berkata: “Wahai Rasululloh, hari Asyura adalah
hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashoro!! Maka Rasululloh berkata: “Kalau
begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga”.
Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih
dahulu”.
Keutamaan Puasa
Asyura
Hari
‘Asyura adalah hari yang mulia, kedudukannya sangat agung. Ada keutamaan yang
sangat besar.
Imam
al-Izz bin Abdus Salam berkata: “Keutamaan waktu dan tempat ada dua bentuk;
Bentuk pertama adalah bersifat duniawi dan bentuk kedua adalah bersifat agama.
Keutamaan yang bersifat agama adalah kembali pada kemurahan Allah untuk para
hambanya dengan cara melebihkan pahala bagi yang beramal. Seperti keutamaan
puasa Ramadhon atas seluruh puasa pada bulan yang lain, demikian pula seperti
hari ‘Asyura. Keutamaan ini kembali pada kemurahan dan kebaikan Allah bagi para
hambanya di dalam waktu dan tempat tersebut”. Diantara keutamaan puasa ‘Asyura adalah;
1- Menghapus
dosa satu tahun yang lalu
Rasululloh
bersabda:
صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ
عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ
Puasa
‘Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.
Imam
an-Nawawi berkata: “Keutamaannya menghapus semua dosa-dosa kecil. Atau boleh
dikatakan menghapus seluruh dosa kecuali dosa besar”.
2- Nabi
sangat bersemangat untuk berpuasa pada hari itu
Ibnu
Abbas berkata:
مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلاَّ
هَذَا الْيَوْمَ: يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ
Aku
tidak pernah melihat Nabi benar-benar perhatian dan menyengaja untuk puasa yang
ada keutamaannya daripada puasa pada hari ini, hari ‘Asyura dan puasa bulan
Ramadhon.
3- Hari dimana Allah menyelamatkan Bani Isroil
Ibnu
Abbas berkata: “Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi
sedang berpuasa A’syuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari
ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil
dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah.
Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa
daripada kalian”. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk
berpuasa juga”.
4-
Puasa ‘Asyura dahulu diwajibkan
Dahulu
puasa ‘Asyura diwajibkan sebelum turunnya kewajiban puasa Ramadhan. Hal ini
menujukkan keutamaan puasa ‘Asyura pada awal perkaranya.
Ibnu
Umar berkata: “Nabi dahulu puasa ‘Asyura dan memerintahkan manusia agar
berpuasa pula. Ketika turun kewajiban puasa Ramadhan, puasa ‘Asyura
ditinggalkan”.
5- Jatuh
pada bulan haram
Nabi
bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ
شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ
Semoga
kita diberi kemudahan untuk melaksanakan puasa Asyura. Hanya Allah yang memberi
taufik dan hidayah.
Refrensi:
[1] Syarah Shahih Muslim 8/12, Fathul
Bari, Ibnu Hajar 4/671, Mukhtashor Shahih Muslim, al-Mundziri
hal.163-Tahqiq al-Albani, al-Mughni 4/441, Subulus
Salam, as-Shon’ani 2/671
[5] Bahkan para ulama telah
sepakat bahwa puasa ‘Asyura sekarang hukumnya sunnah tidak wajib. Ijma’at
Ibnu Abdil Barr 2/798, Abdullah Mubarak Al Saif, Shahih
Targhib wa Tarhib, al-Albani 1/438, Tuhfatul Ahwadzi, Mubarak
Fury 3/524, Aunul Ma’bud, Syaroful Haq Azhim Abadi 7/121
[7] Qowaid al-Ahkam, al-‘Izz bin Abdis Salam 1/38, Fadhlu
‘Asyura wa Syahrulloh al-Muharrom, Muhammad as-Sholih hal.3
—
Penulis:
Ustadz Syahrul Fatwa bin Luqman (Penulis Majalah Al Furqon Gresik)
Artikel Muslim.Or.Id
Label: Al Qur'an Hadist, Tulisan Lepas
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda